Kamis, 17 Februari 2011

Tips Memilih Bisnis MLM


      Perkembangan bisnis MLM di Indonesia pada tahun 2010 mengalami peningkatan yang luarbiasa, dan memperlihatkan progress yang menggembirakan, diperkirakan bisnis MLM ini makin berkembang dengan pesat di tahun 2011 ini dan tahun ke  tahun. Ini menunjukkan bisnis ini mempunyai prospek yang cukup cerah di  Indonesia. Alasannya, makin berkembangnya naluri wirausaha saat ini  membuat orang berlomba-lomba bekerja keras untuk masa depan yang lebih  baik. Kemudian budaya persahabatan dan networking di Indonesia  memungkinkan bisnis MLM yang tumbuh dari jaringan dapat berkembang  pesat. Faktor pendukung lain di tengah jumlah pengangguran di Indonesia  yang semakin membengkak, bisnis MLM ini bisa menjadi solusi karena mampu  menciptakan kesempatan kerja yang luas.

   Uniknya, bisnis MLM  tidak seperti bisnis lainnya yang membutuhkan modal yang besar dan  kemampuan yang tinggi. Setiap orang dari latar belakang apa pun dapat  menjalankan bisnis ini. Karena suatu manajemen yang mengelola MLM  biasanya akan memberikan tambahan pengetahuan bagi anggotanya, baik itu  berupa seminar, maupun pelatihan langsung mengenai teknik-teknik  pemasaran untuk menjalankan bisnis tersebut.

   Lalu perusahaan MLM yang manakah yang sebaiknya kita pilih? Berikut adalah tips khusus dari Blog NetTrepeneur untuk anda para netter:


1. Perusahaan MLM yang dipilih sebaiknya yang tergabung dalam APLI  (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia). APLI adalah sebuah asosiasi yang  mewadahi berbagai perusahaan MLM. Belum bakunya aturan hukum di  Indonesia dalam mengatur penjualan langsung juga mendorong kebutuhan di  antara perusahaan MLM menciptakan bersama aturan dan kode etik yang  disepakati bersama. Perusahaan yang ingin bergabung dengan APLI harus  memenuhi sejumlah persyaratan dan mendapat sertifikasi. Mereka yang yang  menjadi anggota APLI hanyalah perusahaan yang dianggap betul-betul  memenuhi syarat sebagai perusahaan penjual langsung. Utamanya yaitu WFDSA ( World Federation of Direct Selling Associations ) ini adalah asosiasi penjualan langsung Internasional, tentunya perusahaan yang tergabung di Organisasi ini adalah organisasi yang betul” bonafide secara nasional maupun Internasional (terbaik, red).



2. Bila Anda ingin memiliki pelanggan tetap, maka pilihlah perusahaan  yang tidak hanya menawarkan barang dan jasa yang seragam, tetapi punya beragam jenis produk yang mewakili khusus hanya 1 kategori tertentu (Contoh : Kosmetik atau Perawatan Tubuh, obat”an, makanan organic, travel, Fashion, pulsa), bukan seperti Travel-Obat”an, Makanan-Fashion misalnya, karena perusahaan yang seperti itu biasanya tidak focus dalam pengembangan produknya, kemampuan brandingnya pastinya tidak sebaik perusahaan yang focus pada Kategori produk tertentu.
 
3. Pilihlah yang mengutamakan kualitas produk yang baik, jika produknya berhubungan dengan konsumsi tubuh maka pilihlah barang yang tentunya alami dan mempunyai sertifikasi halal. Dan  yang terpenting, memiliki jaminan (Garansi 100%) atas kualitas barang dan jasa yang  dijualnya agar bisa ditukar apabila tidak sesuai dengan kualitas yang  sebenarnya.(garansi kepuasan pelanggan) Diutamakan adalah produk yang mempunyai Repeat Order yang cepat, artinya barang tersebut memang dibutuhkan oleh konsumen, dan dikonsumsi dan dipakai setiap hari (ini berpengaruh pada omset penjualan anda) bayang kan jika seseorang hanya membeli produk anda sekali tiap 6 bulan, atau bahkan 1 tahun sekali, mengerikan bukan.. J.
 
 
 
 
 
 
4. Pilihlah perusahaan yang para distributornya memiliki sistem  keberhasilan untuk bisa sukses, di mana sistem tersebut sebaiknya harus  sudah teruji dan terbukti mampu mencetak banyak orang menjadi berhasil.  Idealnya, sistem tersebut hendaknya bisa dijalankan oleh orang dari  berbagai macam latar belakang usia, pekerjaan, pendidikan, jenis  kelamin, bahkan oleh mereka yang tidak pernah berbisnis sama sekali.  Sistem yang baik biasanya juga menyediakan alat-alat bantu usaha,  seperti buku-buku kepribadian, kaset-kaset yang memberikan motivasi dan  teknik, serta pertemuan-pertemuan yang bisa dihadiri. Jika ada  perusahaan MLM yang menawarkan janji manis hasil besar tanpa harus kerja  keras, sebaiknya Anda tinggalkan saja. Saah satu system Bisnis yang luar biasa adalah SEVENBLAST pada perusahaan Oriflame. Utamanya system yang baik adalah system yang mempunyai target yang jelas bagi keberhasilan Consultantnya.
 
 
5. Nah yang terakhir, untuk menunjukkan suatu perusahaan MLM bonafide  atau tidak adalah minimal dengan melihat apakah perusahaan tersebut  diterima secara nasional sistem bisnisnya. Biasanya, mereka juga akan  mengutarakan visi-misinya bagi kesejahteraan perusahaan dan jaringan  distributornya.</li>


Kriteria MLM di atas semuanya ada di Oriflame Indonesia

1 komentar:

Go Trio Go mengatakan...

siep gan. MLM yang tepat akan membuahkan hasil yang tepat pula :)

http://gotriogo.blogspot.com

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons